Saturday, March 8, 2014

Sholat Kita di hisab Pertama di Akhirat

Mendirikan sholat merupakan salah satu rukun Islam yang menjadi kewajiban umat Islam. Kewajiban sholat ini menjadi hal yang utama karena amal dari sholat-lah yang akan dihisab pertama kali oleh Allah swt di akhirat nanti. Jika shalat seorang hamba itu baik, baik pula amal lainnya, dan demikian pulasebaliknya. Selain itu, sholat adalah tiang agama. Mendirikan sholat berarti menguatkan keimanan dengan selalu berdoa dan mendekatkan diri pada Allah swt serta menghindari diri dari perbuatan keji dan munkar.

Begitu banyak manfaat dan keutamaan sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah. Sholat bisa menolong kita dihari akhir, karena pahala-pahala dari amalan sholat kita itu. Allah swt akan selalu meridhoi mukmin yang selalu menegakkan sholat. Salah satunya adalah pengaruh sholat terhadap kondisi akhlak manusia. Sholat fardhu yang didirikan sebanyak lima waktu setiap harinya dapat mempengaruhi akal, pikiran, serta tingkah laku manusia. Itu semua akan tercermin dengan baik bagi yang mendirikan sholat.

Ada sejumlah ayat Al Quran yang berhubungan dengan waktu shalat. Allah SWT berfirman,
"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (An-Nisa 103).
"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) suguh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."(Al-Isra 78)

Maka  tak heran bila mukmin yang senantiasa menegakkan sholat memiliki kecermerlangan dalam berpikir dan perilaku yang sesuai dengan syariat. Namun manfaat sholat bukan hanya untuk meraih prestasi didunia , tapi juga prestasi yang terbaik di Mata Allah swt yaitu amal ibadah dan pahal serta keridhoan-Nya. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh setiap kaum muslim dalam meraih prestasi dunia dan akhirat didalam menjalankan kewajiban sholat.

*hasil dari berangkat Jumatan kemarin :D -> semoga bermanfaat bagi para pembaca :)

No comments:

Post a Comment