Wednesday, July 9, 2014

soal studi Islam 3 ujian akhir semester genap 2013/2014

Penguji: TIM AIK
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Dalam urusan perjanjian dan jual beli, Islam telah menetapkan syarat-syaratnya. Jelaskan syarat-syarat perjanjian dan jual beli menurut Islam! Sertakan dalil-dalil yang berkaitan dengan perjanjian dan jual beli! (skor: 20)

2. Seorang pendidik harus memiliki kompetensi. Jelaskan kompetensi yang harus dimiliki pendidik dengan merujuk pada pandangan M. Athiyah al-Abrasyi dan Abdullah Nashih Ulwan! (skor: 15)

3. Islam memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pembentukan pola hidup sehat. Jelaskan penerapan nilai-nilai Islam dalam kesehatan fisik, mental dan sosial, serta tuliskan dalil-dalilnya! (skor: 20)

4. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa setiap penyakit ada obatnya. Namun ternyata tidak semua bahan obat dihalalkan oleh Allah. Berikan contoh 2 (dua) jenis bahan obat-obatan yang diharamkan oleh Allah!. Kapan bahan-bahan tersebut telah digunakan? (skor: 15)

5. Islam mengajarkan bahwa setiap dokter sekurang-kurangnya memenuhi 5 (lima) karakter (etika). Jelaskan lima karakter (etika) yang harus dimiliki oleh dokter Muslim! (skor: 15)

6. Untuk menciptakan tata sosial yang tentram, nyaman, dan damai, Islam mengajarkan prinsip-prinsip komunikasi yang baik. Jelaskan prinsip-prinsip komunikasi yang dilarang menurut ajaran Islam! (skor: 15)


nyomot dari soal fakultas farmasi UMS

No comments:

Post a Comment